Pemanfaatan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Pendekatan Tutorial terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA 17 Gowa

Main Author: S, Salmiah.
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16169/1/Salmiah.%20S.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16169/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif rata-rata hasil belajar peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 17 Gowa sebelum diajar dengan memanfaatkan bahan ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis pendekatan tutorial sebesar 52,08. Setelah diajar dengan memanfaatkan bahan ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis pendekatan tutorial rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 82,37. Pada analisis inferensial untuk uji hipotesis diperoleh nilai t hitung = 25,834, nilai t tabel = 1,714, df= 23 dan sig. (2 tailed) atau p-value= 0,000. Dari hasil tersebut diketahui nilai t hitung > nilai t tabel dan nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 atau nilai signifikansi lebih kecil dari taraf kesalahan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas X IPA 1 sebelum dan setelah diajar dengan memanfaatkan bahan ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis pendekatan tutorial di SMA Negeri 17 Gowa, sehingga dengan menggunakan bahan ajar pendidikan agama Islam (PAI) berupa LKPD berbasis pendekatan tutorial hasil belajar peserta didik kelas X IPA 1 menjadi meningkat dari 52,08 (PreTest) menjadi 82,37 (PostTest).