Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Scramble terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V di MIN 1 Manggarai Kecamatan Reok Kabupaten Manggarai

Main Author: Kurniati, Kurniati
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16146/1/Kurniati.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16146/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan membaca pemahaman peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran scramble (pretest) adalah 58,545 dikategorikan kurang baik. Selanjutnya hasil nilai rata-rata tes kemampuan membaca pemahaman peserta didik setelah digunakan model pembelajaran scramble (posttest) adalah 78,409. Berarti mengalami peningkatan dari nilai pretest, dan jika dikategorikan, kemampuan membaca pemahaman peserta didik berada pada kategori baik. Dalam hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah penggunaan model pembelajaran scramble terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V MIN 1 Manggarai Kecamatan Reok Kabupaten Manggarai.