Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik pada SMP Negeri I Tanete Rilau Kabupaten Barru
Main Author: | Jalil, Irham |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1605/1/irham%20jalil%202.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1605/ |
Daftar Isi:
- Masalah pokok dalam disertasi ini adalah bagaimana internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembinaan karakter peserta didik pada SMP Negeri I Tanete Rilau Kabupaten Barru, yang di-breakdown dalam tiga pelayanan penelitian sebagai berikut, 1) bagaimana gambaran pelasksanaan pendidikan Islam pada SMP Negeri I Tanete Rilau Kabupaten Barru, 2) bagaimana bentuk upaya guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Islam pada pembinaan karakter peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Tanete Rilau Kabupaeten Barru, 3) bagaimana hasil internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembinaan karkater peserta didik di SMP Negeri I Tanete Rilau Kabupaten Baru. Adapaun tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pendidikan Islam pada SMP Negeri I Tanete Rilau Kabupaten Barru, 2) untuk menggambarkan bentuk upaya guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembinaan karakter peserta didik di SMP Negeri I Tanete Rilau Kabupaten Barru, dan 3) untuk merumuskan hasil internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembinaan karakter peserta didik di SMP Ngeri I Tanete Rilau Kabupaten Barru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pelaksanaan pendidikan Islam yang direpresentasikan oleh pembelajaran PAI pada SMP Ngeri I Tanete Rilau Kabupaten Barru mweliputi 3 tahapan yaitu: tahapan pendahuluan, penyajian inti materi pembeljaran, dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan pembeljaran meliputi pengucapanm salam, penyimpanan appersepsi, penyampaian TKP, penarikan perhatian.