Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik pada SMP Negeri I Tanete Rilau Kabupaten Barru

Main Author: Jalil, Irham
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1605/1/irham%20jalil%202.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1605/
Daftar Isi:
  • Masalah pokok dalam disertasi ini adalah bagaimana internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembinaan karakter peserta didik pada SMP Negeri I Tanete Rilau Kabupaten Barru, yang di-breakdown dalam tiga pelayanan penelitian sebagai berikut, 1) bagaimana gambaran pelasksanaan pendidikan Islam pada SMP Negeri I Tanete Rilau Kabupaten Barru, 2) bagaimana bentuk upaya guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Islam pada pembinaan karakter peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Tanete Rilau Kabupaeten Barru, 3) bagaimana hasil internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembinaan karkater peserta didik di SMP Negeri I Tanete Rilau Kabupaten Baru. Adapaun tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pendidikan Islam pada SMP Negeri I Tanete Rilau Kabupaten Barru, 2) untuk menggambarkan bentuk upaya guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembinaan karakter peserta didik di SMP Negeri I Tanete Rilau Kabupaten Barru, dan 3) untuk merumuskan hasil internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembinaan karakter peserta didik di SMP Ngeri I Tanete Rilau Kabupaten Barru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pelaksanaan pendidikan Islam yang direpresentasikan oleh pembelajaran PAI pada SMP Ngeri I Tanete Rilau Kabupaten Barru mweliputi 3 tahapan yaitu: tahapan pendahuluan, penyajian inti materi pembeljaran, dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan pembeljaran meliputi pengucapanm salam, penyimpanan appersepsi, penyampaian TKP, penarikan perhatian.