Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team terhadap Hasil Belajar Fisika dan Keaktifan Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Batang

Main Author: Sumarni, Marini
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16013/1/Marini%20Sumarni.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16013/
Daftar Isi:
  • Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 77,00 dan rata-rata keaktifan belajar sebesar 80,80 sedangkan hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 44,00 dengan keaktifan belajar sebesar 61,60. Dengan menggunakan uji-t diperoleh t = 13,898, sedangkan nilai t tabel = 2,09. Karena nilai t > t tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, dan untuk keaktifan belajar di peroleh uji t sebesar 34,686 dengan nilai t tabel 2,09. Karena nilai t > t tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini dapat kita lihat dari hasil deskriptif dimana nilai rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki rentang yang besar sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran aktif tipe Quiz Team terhadap hasil belajar fisika dan keaktifan peserta didik.