Diagnosis Kesulitan Belajar Peserta didik Materi Geometri Bangun Ruang di Kelas V MI Darul Hikmah Kota Makassar

Main Author: M, Wahyuni.
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15985/1/Wahyuni.%20M.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15985/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) kesulitan belajar peserta didik berdasarkan soal-soal yang diberikan kepada 35 peserta didik semester 2 di Kelas V MI Darul Hikmah Kota Makassar.Penyebab peserta didik melakukan kesalahan dalam menjawab soal-soal tersebut, yaitu: kesalahan dalam pemahaman fakta, kesalahan dalam pemahaman konsep dan kesalahan dalam operasi hitung. 2) Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika peserta didik. Terutama pada faktor internal dan eksternal yang menurut para ahli yang dialami peserta didik ada 5. Yaitu faktor internal meliputi (faktor intelektual dan faktor emosional), faktor emosional meliputi (minat. Motivasi dan bakat) sedangkan faktor eksternal yaitu faktor pedagogik, faktor fisiologis dan faktor sosial.