Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick dengan Konstruktivisme Tipe Kolaboratif pada Mata Pelajaran IPA kelas VIII SMPN 3 Sungguminasa Gowa
Main Author: | Wahyuni, Evi |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15983/1/Evi%20Wahyuni.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15983/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian ini mengacu pada statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data statistik deskriptif hasil postes peserta didik kelas eksperimen 1 diperoleh nilai rata-rata 71,7. Sedangkan nilai postes kelas eksperimen 2 diperoleh rata-rata 79,43. Adapun hasil analisis statistik inferensial dengan uji analisis independent sample t-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,001, dengan nilai α = 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dimana Tes hasil belajar model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Kolaboratif lebih Tinggi dibanding hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick kelas VIII SMPN 3 Sungguminasa Gowa.