Efektivitas Penerapan Bahan Ajar Al-Qur’an Hadis Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di MTsN Gowa

Main Author: Ilyas, Muhammad As'ad
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15973/1/Muhammad%20As%27ad%20Ilyas.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15973/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: 1) efektivitas penerapan bahan ajar al-Qur’an Hadis berbasis pendekatan saintifik berada pada kategori baik dengan persentase 63,30% atau 69 responden menyatakan penerapan bahan ajar al-Qur’an Hadis berbasis pendekatan saintifik ini baik; 2) Penerapan bahan ajar al-Qur’an Hadis berbasis pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan hasil belajar al-Qur’an Hadis peserta didik di MTsN Gowa dengan hasil belajar berada pada kategori sedang dengan persentase 66,05% yakni 72 orang memperoleh nilai rata-rata 74-90. Adapun hasil analisis statisik infrensial dengan menggunakan uji Rsquare dengan model summary = 0,464, artinya, bahan ajar alQur’an Hadis berbasis pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan hasil belajar al-Qur’an Hadis peserta didik di MTsN Gowa dengan kontribusi sebesar 46,4% dan sisanya 53,6% ditentukan oleh faktor lain.