Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada Mata Pelajaran PAI untuk Membentuk Konsep Diri Peserta Didik Kelas VIII SMP Askari Pallangga Kabupaten Gowa

Main Author: Wahyuningsih, Wahyuningsih
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15940/1/Wahyuningsih.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15940/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Skor konsep diri peserta didik pada mata pelajaran PA I sebelum diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada peserta didik kelas VIII D SMP Askari Pallangga dengan nilai rata-rata 128,026 dengan frekuensi terbesar 53%, 2) Skor konsep diri peserta didik pada mata PA I setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada peserta didik kelas VIII D SMP Askari Pallangga dengan nilai rata-rata 135,552 dengan frekuensi terbesar 71%, dan 3) Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap konsep diri peserta didik pada mata pelajaran PA I memiliki nilai signifikan sebesar 0,431 lebih besar dari 0,05 (sig. > 0,05), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match efektif terhadap konsep diri peserta didik pada mata pelajaran PAI.