Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Camba Kabupaten Maros

Main Author: Annisa, Nur
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15878/1/Nur%20Annisa.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15878/
Daftar Isi:
  • Hasil penelittian secara deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik pada kelas X IPS 2 yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran group investigation sebesar 52,60 dan berada pada kategori “sedang” sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas X IPS 1 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran group investigation sebesar 70,19 dan berada pada kategori “tinggi”. berdasarkan pada hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji hipotesis (uji paried samples test) pengolahan data SPSS versi 20 diperoleh Sig = 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena sig (2-tailed) < α atau (0,000 < 0,05), dengan demikian kesimpulan akhir penelitian atau hipotesis yang diterima Ha yaitu terdapat pengaruh karna adanya perbedaan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang signifikan anatara kelas yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran group investigation dengan kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran group investigation.