Pengembangan Bahan Ajar PAI Berbasis Aplikasi Macromedia Flash bagi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Pinrang
Main Author: | Nurhasisa, Nurhasisa |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15857/1/Nurhasisa.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15857/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pengembangan bahan ajar PAI berbasis aplikasi Macromedia Flash untuk peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Pinrang dilakukan dengan prosedur pengembangan Research and Development (R&D) dengan model tahapan 4D yaitu: (1) Pendefinisian (Define) yang terdiri atas analisis awal-akhir, analisis tujuan, analisis peserta didik, analisis materi, dan analisis tahap akhir, (2) Perancangan (Design) yang terdiri atas pemilihan format dan rancangan awal, (3) Pengembangan (Develope) yang terdiri atas validasi ahli dan uji coba lapangan, dan (4) Penyebaran (Disseminate) yang dimana bahan ajar ini disosialisasikan di kelas XI IS SMA Negeri 3 Pinrang, 2) Hasil analisis lembar validasi bahan ajar PAI berbasis aplikasi Macromedia Flash yang dinilai oleh ketiga pakar diperoleh nilai V yaitu 0.9 yaitu terdapat pada kategori sangat valid dan layak digunakan, 3) Hasil analisis kepraktisan dengan menggunakan angket respon untuk keseluruhan aspek diperoleh rata-rata peserta didik 38.7 % merespon sangat positif dan 58.1 % merespon positif terhadap bahan ajar PAI. Hasil analisis respon angket peserta didik menunjukkan bahwa bahan ajar PAI berbasis aplikasi Macromedia Flash praktis digunakan dalam proses pembelajaran. 4) Hasil analisis keefektivan dengan menggunakan tes belajar peserta didik diperoleh rata-rata 83.87 % yang terdapat pada kategori sangat baik dan 16.13 % baik setelah menggunakan bahan ajar PAI berbasis aplikasi Macromedia Flash, sehingga bahan ajar PAI yang dikembangkan dikatakan efektif.