Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Tipe Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Pattallassang Kab. Gowa
Main Author: | Yulianti, Yulianti |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15847/1/Yulianti.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15847/ |
Daftar Isi:
- Setelah diberi perlakuan pada kedua kelompok diperoleh hasil analisis deskriptif rata-rata pemahaman konsep = 61,3 dan penalaran matematika = 58 menggunakan model pembelajaran NHT, sedangkan hasil analisis deskriptif rata-rata pemahaman konsep = 63,7 dan penalaran matematika = 59,5 menggunakan model pembelajaran TPS. Sedangkan hasil analisis inferensial diperoleh nilai signifikan pemahaman konsep = 0,491 dan penalaran matematika = 0,669 yang lebih besar dari pada α sebesar 0,05 (0,491 > 0,05) dan (0,669 > 0,05) maka H0 diterima yang bermakna tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep dan penalaran matematika baik menggunakan model pembelajaran NHT maupun model pembelajaran TPS. Hasil analisis inferinseial diperoleh nilai signifikan 0,765 yang lebih besar dari nilai α (0,765 > 0,05) sehingga H0 diterima yang bermakna tidak terdapat perbedaan secara simultan pemahaman konsep dan penalaran matematika yang diajar menggunakan model NHT dan TPS