Penerapan Metode SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite,Review) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Negeri 8 Makassar
Main Author: | Sari, Silvi Mutiari |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15752/1/Silvi%20Mutiari%20Sari.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15752/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian secara deskiptif, menunjukkan bahwa penerapan metode SQ4R dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri 8 Makassar. Hal ini terlihat pada nilai pretest yang berada pada interval 21-40 (kategori rendah) dan nilai posttest setelah penerapan metode SQ4R memiliki interval 61-80 (kategori tinggi). Adapun nilai rata-rata pada pretest yaitu 47,33 dan nilai ratarata posttest yaitu 79,22 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di kelas VII SMP Negeri 8 Makassar antara yang belajar tanpa menerapkan metode SQ4R dan yang belajar dengan menerapkan metode SQ4R. Sedangkan berdasarkan pada hasil analisis statistik inferensial diperoleh t hitung = 5,077 dan t tabel =1,666. sehingga dapat disimpulkan, bahwa metode SQ4R efektif dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Negeri 8 Makassar.