Kebijakan Pemimpin Pondok Pesantren dalam Pengembangan Pendidikan Nonformal di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Tompobalang Kabupaten Maros

Main Author: Aslinda, Andi
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1575/1/ANDI%20ASLINDA.PDF
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1575/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengungkap kebijakan pemimpin pondok pesantren dalam pengembangan system pendidikan pesantren di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Maros Desa Tompobalang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berlokasi di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Maros Desa Tompobalang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Milles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebijakan pengembangan pendidikan nonformal Pondok Pesantren Manbaul Ulum Maros Desa Tompobalang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros sangat variatif yaitu, Pengembangan di Bidang Ta’lim, Pengembangan di Bidang Ubudiyah, Pengembangan di Bidang Muamalah dan Pengembangan Program Life Skill. Adapun yang menjadi peluang dan tantangan dalam penerapan kebijakan ini adalah adanya kerjasama pembina pesantren, orang tua dan masyarakat sedangkan yang menjadi tantangannya adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai serta terbatasnya jumlah pendidik/ pembina pesantren. Dampak psikologis dari kebijakan tersebut berdampak positif bagi santri dan masyarakat sekitar Pondok Pesantren Manbaul Ulum Tompobalang. Pesantren yang telah memiliki nilai historis dalam membina dan mengembangkan masyarakat, kualitasnya harus terus didorong dan dikembangkan seperti Pondok Pesantren Manbaul Ulum Tompobalang.