Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament dan Numbered Head Together terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Keera Kabupaten Wajo

Main Author: Eviana, Eviana
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15749/1/Eviana.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15749/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata pretest yaitu 26,40 dan nilai rata-rata posttest yaitu 73,37. (2) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata pretest yaitu 23,14 dan nilai rata-rata posttest yaitu 58,07. (3) berdasarkan hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model TGT dengan NHT. (4) berdasarkan uji efektivitas, model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif dari model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.