Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Open-Ended untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Segi Empat Kelas VII MTs/MA Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkep

Main Author: Wahyuni, Sri
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15743/1/Sri%20Wahyuni.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15743/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil ujicoba terbatas yang dilakukan, diperoleh bahwa (1) Hasil validasi modul adalah 4,4 pada kategori sangat valid karena setiap aspek untuk setiap jenis perangkat berada pada interval 43,4 < M < 5, (2) Praktis karena persentase rata-rata untuk respons siswa adalah 97,22% berada pada kategori positif dan persentase rata-rata respons guru adalah 87,5% dan berada pada kategori positif. (3) Efektif karena telah memenuhi tiga kriteria yaitu rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah 4,51 berada pada kategori sangat baik, persentase rata-rata aktivitas siswa adalah 80,56% berada pada kategori sangat baik, dan persentase tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan kategori “Cukup Kreatif” sebanyak 8 orang dengan persentase 22,22%. Peserta didik dengan kategori kemampuan berpikir “Kreatif” sebanyak 24 orang dengan persentase 66,66%. Sementara peserta didik dengan kategori kemampuan berpikir “Sangat Kreatif” sebanyak 4 orang dengan persentase 11,11%. Sehingga mayoritas peserta didik, memiliki kemampuan berpikir kreatif yang baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada tahap uji coba terbatas yang dilaksanakan, modul berbasis pendekatan open ended pada materi segi empat di kelas VII B MTs Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkep telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.