Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Koopertaif Tipe Think Pair Share dengan Pendekatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Binamu Kabupaten Jeneponto
Main Author: | Kadri, Laela |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15737/1/Laela%20Kadri.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15737/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-eksperimental. Populasi dalam sampel ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Binamu Kabupaten Jeneponto yang berjumlah 64 orang. Instrument penelitian ini menggunakan tes dengan kriteria yang berdasarkan pada indikator berpikir kritis matematis. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. (1) Hasil pretest memiliki presentase terbanyak adalah 43,75% pada kategorisasi sangat rendah dan hasil posttest memiliki presentase terbanyak adalah 40,63% pada kategorisasi sedang, peningkatan yang terjadi tidak terlalu signifikan. (2) Hasil pretest memiliki presentase terbanyak adalah 43,75% pada kategorisasi sangat rendah dan hasil posttest memiliki presentase terbanyak adalah 46,87% pada kategorisasi tinggi, peningkatan yang terjadi tidak terlalu signifikan. (3) rata-rata kemampuan berpikirk krtitis matematis dengan penerapan model pembelajaran TPS dengan pendekatan Problem Posing lebih besar dibandingkan tanpa penerapan model pembelajaran TPS dengan pendekatan Problem Posing. (4) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan Pendekatan Problem Posing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik efektif.