Pengaruh Teknologi Komunikasi terhadap Minat Baca Siswa di Perpustakaan SMA Negeri 3 Enrekang
Main Author: | Haya, Munadiyah |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15681/1/MUNADIYAH%20HAYA.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15681/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Teknologi Komunikasi terhadap Minat Baca Siswa di Perpustakaan Sekolah SMA Negeri 3 Enrekang. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu Adakah pengaruh teknologi komunikasi terhadap minat baca siswa di perpustakaan sekolah SMA Negeri 3 Enrekang serta Seberapa besar pengaruh penggunaan teknologi komunikasi terhadap minat baca siswa di perpustakaan sekolah SMA Negeri 3 Enrekang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Apakah ada pengaruh serta seberapa besar pengaruh teknologi komunikasi terhadap minat baca siswa di perpustakaan sekolah SMA Negeri 3 Enrekang. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif kausal ( pengaruh) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 3 Enrekang yang berkunjung ke perpustakaan selama 2 bulan terakhir sebanyak 1.920 pengunjung, sedangkan penarikan sampel dalam penelitian ini digunakan rumus Yamane dengan teknik penarikan sampel yaitu menggunakan teknik accidental sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 95 responden. Dimana data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner atau angket yang dibagikan langsung kepada pengunjung. Dari hasil tabulasi data kedalam tabel frekuensi nilai rata-rata variabel X sebesar 3,4 sedangkan nilai rata-rata variabel Y sebesar 2,648. Dengan hasil korelasi (r) sebesar 0,673 dimana nilai korelasi ini berada di range 0,60 – 0,799 dengan tingkat hubungan yang kuat. Atau dari hasil uji analisis regresi sederhana dapat diketahui nilai F hitung = 76,84 sedangkan nilai F = pada taraf nyata 5% sebesar 3,94 dimana F hitung ≥ F tabel maka H a tabel ditolak, sehingga ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh variabel X (Teknologi Komunikasi) diterima dan H o terhadap variabel Y (Minat Baca). Sedangkan dengan rumus koefisien determinasi diketahui bahwa besarnya pengaruh penggunaan variabel X terhadap variabel Y sebesar 45,29%.