Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis peserta didik Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas Xi Mipa Sman 2 Enrekang
Main Author: | Suarti, Suarti |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15432/1/Suarti.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15432/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian ini mengacu pada statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data statistik deskriptif hasil postes kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen 1 diperoleh nilai rata-rata 83,7. Sedangkan nilai postes kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen 2 diperoleh rata-rata 90,5. Adapun hasil analisis statistik inferensial dengan uji Polled Varian diperoleh t hitung = 3,63 > t tabel 2,001 denganVtaraf signifikansi α 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas pada materi sistem peredaran darah kelas XI IPA MIPA SMAN 2, dengan demikian, diharapkan melalui model pembelajaran tersebut dapat memandu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berpikirnya, khususnya berpikir kritis.