Studi tentang Peranan Perpustakaan Sekolah dalam Peningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas II MTs 2 Makassar
Main Author: | Megawati, Megawati |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2004
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15422/1/MEGAWATI.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15422/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas dua masalah pokok, yakni: bagaimana sistem pelayanan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs 2 Makassar dan bagaimana pengaruh perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II MTs 2 Makassar. Dalam pengumpulan data, digunkana metode library research dan field research. Data yang terkumpul, diolah dengan menggunakan metode induktif, deduktif, dan komparatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa sistem pelayanan perpustakaan sekolah dalam peranannya meningkatkan prestasi belajar siswa MTs 2 Makassar, yakni: memberi pinjaman buku kepada siswa, terlihat 67 persen siswa yang menyatakan bahwa dia selalu meminjam buku di perpustakaan dan tidak ada yang menyatakan bahwa dia tidak pernah meminjam buku. Memberi kesempatan kepada siswa membaca di perpustakaan, terlihat 63 persen yang menyatakan selalu membaca di perpustakaan. Pengaruh perpustakaan dalam peningkatan prestasi belajar siswa kelas II MTs 2 Makassar, yaitu dapat mempermudah siswa dan guru dalam mendapatkan buku-buku atau referensi mengenai mata pelajaran yang dibutuhkan, sehingga keberadaan perpustakaan sangat efektif dalam meningkatkan kualitas dan prestasi belajar siswa. Prestasi siswa MTs 2 Makassar dari hasil ujian tahun 2002/2003 menunjukkan nilai rata-rata 7,6. Prestasi ini dapat dicapai disebabkan karena adanya pengaruh dari peranan perpustakaan yang ada di MTs 2 Makassar.