Identifikasi Kemampuan Dasar Mahasiswa dengan Menggunakan Tes Diagnostik Pada Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Unversitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Main Author: | Irwan, Irwan |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15153/1/IRWAN%2020600115066.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15153/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil analisis secara kuantitatif diperoleh gambaran kemampuan dasar fisika mahasiswa pendidikan Fisika semester I menggunakan tes diagnostik dikategorikan sangat rendah atau memiliki kemampuan yang sangat rendah dengan rata-rata nilai 29,63. Faktor-faktor yang menjadi kelemahan mahasiswa pendidikan Fisika semester I angkatan 2018 yaitu kesalahan dalam membaca alat ukur dan mengkonversi satuan, tidak memahami penggunaan angka penting, tidak mampu menganalisis resultan tiga vektor, tidak mengetahui cara penjumlahan vektor, tidak memahami teori dan rumus pada materi kinematika gerak lurus, gerak jatuh bebas, gerak vertikal, gerak parabola, dan gerak melingkar, tidak mengetahui rumus frekuensi dan periode perhubungan roda-roda, terjadi miskonsepsi dalam menentukan gaya sentripetal, tidak memahami gaya hukum Newton, belum mampu menganalisis hukum-hukum Newton tentang gerak, tidak mengetahui rumus hukum Kepler, tidak mampu menganalisis dan menentukan nilai usaha pada sebuah benda, tidak memahami penerapan hukum kekekalan energi mekanik, tidak memahami teori dan rumus efesiensi mesin Carnot, tidak memahami rumus dan penjumlahan momentum total.