Optimalisasi Penerapan Office Channeling dalam Meningkatkan Pangsa Pasar Perbankan Syariah (Kasus PT Bank BNI Syariah Cabang Makassar)

Main Author: Alrauf, Alrauf
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15133/1/ALRAUF.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15133/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memberikan informasi dan pemahaman penerapan office channelling; 2) memberikan informasi dan pemahaman tentang pangsa pasar Bank BNI Syariah dengan penerapan office channeling; 3) men-jelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambat optimalisasi penerapan office channelling pada Bank BNI Syariah Cabang Makassar; dan 4) menjelaskan strategi yang tepat untuk mengoptimalkan penerapan office channelling dalam meningkatkan pangsa pasar pada Bank BNI Syariah Cabang Makassar. Metodologi penelitian dalam tesis ini menggunakan teologis normatif (syar’i), pendekatan yuridis (perundang-undangan), dan pendekatan sosiologis. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research). Proses pengumpulan data menggunakan data pustaka dan data lapangan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian mengulas dan menyimpulkannya. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pelayanan sharia channeling office masih sebatas pada penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) tabungan, sedangkan untuk pembiayaan hanya dapat dilakukan di kantor cabang BNI Syariah Makassar; 2) Faktor pendukung dalam penerapan sharia channeling office adalah memiliki jaringan yang luas baik dalam maupun luar negeri dan telah didukung dengan sarana dan teknologi informasi yang memadai, tingginya minat masyarakat berpindah ke bank syariah, khususnya di Kota Makassar. Faktor penghambat adalah minimnya sosialisasi dan edukasi ke masyarakat, terbatasnya SDM yang mengetahui tentang produk dan layanan perbankan syariah serta tidak diakuinya pencapaian kinerja bisnis outlet sharia channeling office sebagai bagian pencapaian kinerja bisnis secara keseluruhan; 3) Dampak penerapan sharia channeling office BNI Syariah adalah dana pihak ketiga meningkat, market share bertambah, akses layanan ke masyarakat meluas dan dapat bersaing dengan bank konvensional. Implikasi penelitian adalah:1) Diharapakan BNI Syariah dapat meningkat-kan kualitas layanan, baik dari segi service dan produk dikantor sharia channeling office. BNI selaku pelaksana sharia channeling office dalam menentukan target dan pencapaian kinerja bisnis sehingga dapat mendorong pertumbuhan secara maksimal dan memotivasi SDM yang ada untuk lebih memahami produk dan layanan syariah.