Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri Khusus Jeneponto
Main Author: | Nartina, Nartina |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1511/1/Nartina.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1511/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan uji coba kevalidan instrumen tes hasil belajar yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian 3,93. Sedangkan penilaian untuk hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata 86, jumlah siswa yang tuntas dalam proses uji coba adalah 17 orang atau sekitar 89% dan yang tidak tuntas sebanyak 2 orang atau sekitar 11%. Hal ini menandakan bahwa instrumen yang dikembangkan sudah valid dan efektif untuk digunakan dalam tes hasil belajar. Respon siswa lebih dari 80% yang memberikan respon positif terhadap instrumen yang dikembangkan serta setuju jika guru di sekolah menggunakan instrumen yang di kembangkan sebagai tes hasil belajar dalam ulangan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan memenuhi kategori valid dan efektif. Implikasi penelitian ini adalah instrument tes hasil belajar yang dikembangkan. Sebaiknya, diinformasikan jauh-jauh hari kepada siswa sebelum melakukan uji coba, agar siswa dapat mempersiapkan diri.