Efektifitas Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VIII MTs Madani Alauddin Pao-pao
Main Author: | Darmayanti, Henni |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14950/1/Henni%20Darmayanti20500114075.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14950/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa pada kelas VIIIb yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) memiliki nilai rata-rata hasil belajar 84,11. Sedangkan pada kelas VIIIa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata 68,39. Adapun tingkat perbedaan penggunaan model pembelajaran pada Kelas VIIIa dan Kelas VIIIb dianalisis menggunakan uji t dua sampel independent yang hasilnya yaitu harga t= 4.784, df = 54 dan sig. (2 tailed) atau p-value = 0,000 = 0 0,05, atau H0 ditolak. Berdasarkan data hasil uji hipotesis dapat diketahui bahwa p sig. (0,000 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunakan model pembelajaran Children learning in Science (CLIS) efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VIII MTs Madani Alauddin Pao-pao. Implikasi pada penelitian ini yaitu sebaiknya guru memanfaatkan model pembelajaran ini yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan.