Desain Blended Learning: Model Pemaduan Sumber Belajar Online Dan Tradisional
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan sumber belajar tradisional dan online dan mendesain model pembelajaran blended yang dapat memadukan sumber belajar online dan tradisional pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R & D, tahap analisis kebutuhan dan prototipe blended learning. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumen dianalisis dengan cara (1) reduksi data; (2) sajian data, dan (3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sumber belajar tradisional dan online mencakup pemanfaatan bahan ajar cetak dan bukan cetak. Desain model pembelajaran blended yang dapat memadukan sumber belajar online dan tradisional dikembangkan dengan memerhatikan struktur, konten, dan sumber-sumber online yang diintegrasikan ke dalam bahan pembelajaran cetak