Penanganan Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar
Main Author: | Azisah, Nurul |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1490/1/Nurul%20Azisahpdf.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1490/ |
Daftar Isi:
- Jenis penelitian ini bersifat kualitatif, dengan menggunakan beberapa informan untuk melakukan wawancara dan observasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber primer yaitu informasi yang bersumber dari pengamatan langsung kelokasi penelitian dengan cara observasi dan wawancara. Sedangkan sumber sekunder yaitu data yang diperoleh dari dokumentasi atau studi kepustakaan untuk melengkapi data-data primer. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanganan interaksi sosial anakautis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar dilakukan dengan tahapan identifikasi, tahapan assessment, tahapanplan intervensi,tahapan intervensi yaitupenanganan terpadu meliputi terapi wicara, terapi perilaku,terapi bermain dan terapi okupasi. Implikasi dari penelitian ini adalah proses penanganan seharusnya dilakukan oleh ahlinya dengan menggunakan metode baru terhadap anak autis. khususnya kepada pemerintah agar dapat memperhatikan dan memberikan bantuan-bantuan yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar.