Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa
Main Author: | Nurmania, Nurmania |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14896/1/Nurmania_20100115114.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14896/ |
Daftar Isi:
- Hasil Penelitian Data yang diperoleh dari hasil perhitungan sebelum diberikan perlakuan (pretest 1 dan 2) peserta Kelas VIII A SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa diperoleh nilai rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik yaitu 45,7 (pretest 1), dan 57,3 (pretest 2). Sedangkan hasil perhitungan setelah diberi perlakuan (posttest 1 dan 2) nilai rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik mengalami peningkatan yaitu 66,3 (posttest 1) dan 80 (posttest 2). Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil setelah diberikan perlakuan (posttest) lebih tinggi dari hasil sebelum diberikan perlakuan (pretest). Selanjutnya hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired Samples T- Test pada eksperimen pertama diperoleh harga t = 8,306, df =29 dan sig. (2 tailed) atau p-value = 0,000 < 0,05. Sedangkan pada eksperimen kedua diperoleh harga t= 10,333 df =29 dan sig. (2 tailed) atau p-value = 0,000< 0,05, artinya nilai signifikansi lebih kecil dari taraf kesalahan atau H0 ditolak. Dengan demikian hipotesis yang diajukan sudah teruji oleh data. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa.