Penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Peserta Didik (PBAPD) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Peserta Didik MA Al-Mutmainnah Kabupaten Bima

Main Author: Handayani, Fitri
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14797/1/Fitri%20Handayani%2020100115180.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14797/
Daftar Isi:
  • hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar Fikih peserta didik sebelum perlakuan adalah 43,0 dan standar deviasinya adalah 15,14 dengan 13 peserta didik atau 86,7% dinyatakan tidak tuntas dan 2 peserta didik atau 13,3% peserta didik dinyatakan tuntas. Adapun setelah perlakuan rata-ratanya adalah 72,3 dengan standar deviasi 6,599. Peserta didik yang dinyatakan tuntas sebanyak 12 peserta didik atau 80% dan 3 peserta didik atau 20% peserta didik dinyatakan tidak tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Fikih peserta didik MA Al- Mutmainnah Kab. Bima setelah diterapkan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas peserta didik.