Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Calon Pendidik (Studi Kasus Mahasiswa PPL Jurusan PAI FTK UIN Alauddin Makassar di MA Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa)

Main Author: B, uristiqamah Awaliyahputri
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14789/1/Nuristiqamah%20Awaliyah%20Putri%20B.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14789/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian pada penelitian ini menyatakan bahwa realitas penguasaan keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPL Jurusan PAI FTK UIN Alauddin Makassar di MA Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa dapat terlihat saat diterapkan di dalam proses pembelajaran. Keterampilan membuka pelajaran belum dikuasai secara maksimal. Keterampilan menutup pelajaran dikuasai secara maksimal. Keterampilan bertanya tingkat dasar belum dikuasai secara maksimal. Keterampilan bertanya tingkat lanjut tidak dikuasai secara maksimal. Keterampilan memberi penguatan dikuasai secara maksimal. Keterampilan mengadakan variasi belum dikuasai secara maksimal. Keterampilan menjelaskan belum dikuasai secara maksimal. Keterampilan mengelola kelas belum dikuasai secara maksimal. Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan belum dikuasai secara maksimal. Kendala yang dihadapi mahasiswa Jurusan PAI FTK UIN Alauddin Makassar ketika melaksanakan PPL di MA Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa adalah dari mahasiswa PPL-nya sendiri, peserta didik, waktu pembelajaran, materi pelajaran, alat dan media pembelajaran, guru pamong, serta dosen pembimbing. Selain itu, mahasiswa PPL team teaching yang dapat bekerja sama dan saling melengkapi satu sama lain, juga mendapati kendala. Di antara kendala yang diungkapkan adalah seringnya saling mengharapkan, tidak terbiasa mengajar sendiri layaknya seorang pendidik, dan tidak maksimal dalam mengelola kelas.