Penerapan Strategi Pembelajaran Group to Group Exchange dengan Media Mind Mapping dan Metode Ceramah terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MA Firdaus Tompobalang Kabupaten Maros
Main Author: | Fuad, Muhammad |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14660/1/Muhammad%20Fuad%2020500114059.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14660/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa hasil belajar biologi siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran group to group exchange dengan media mind mapping diperoleh rata-rata sebesar 79,7% dan standar deviasi sebesar 7,3474. Hasil belajar biologi siswa yang diajar menggunakan metode ceramah diperoleh rata-rata sebesar 73,33 dan standar deviasi sebesar 6,0785. Hal ini mengindikasikan bahwa penerapan strategi pembelajaran group to group exchange berbantuan media mind mapping berpengaruh positif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.