Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) dengan Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 2 Bajeng Barat, Kab. Gowa

Main Author: Annisa, Nur
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14639/1/NUR%20ANNISA.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14639/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan statistik deskriptif pada kelas eksperimen 1 yakni nilai rata-rata pretest adalah 43,87 dengan kenaikan persentase 40% untuk 12 orang peserta didik yang berada pada kategori sangat rendah, 56,7% untuk 17 orang peserta didik berada pada kategori rendah dan pada kategori sedang dengan persentase 3,3% dengan jumlah peserta didik 1 orang, sedangkan untuk nilai rata-rata pada posttest adalah 76,17 dengan persentase kenaikan rata-rata sebesar 90% untuk 27 orang peserta didik berada pada kategori sangat tinggi, dan untuk persentase 10% untuk 3 orang peserta didik berada pada kategori sangat tinggi. Kemudian pada kelas eksperimen 2 nilai rata-rata pretest adalah 44,3 dan nilai rata-rata posttest adalah 78,38dengan persentase 40% untuk 12 orang peserta didik yang berada pada kategori rendah, pada persentase 6,7% untuk 2 orang peserta didik berada pada kategori sangat rendah, dan persentase 43,3% untuk 13 orang peserta didik berada pada kategori sedang, sedangkan untuk nilai rata-rata posstest adalah 78,38% diperoleh persentase 76,6% untuk 23 orang peserta didik berada pada kategori tinggi, dan 23,3% untuk 7 orang peserta didik berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh niai thitung sebesar 2,03 yang lebih besar dari pada t tabel sebesar 0,2542 (t hitung > t tabel) dan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 2 lebih tinggi dibanding rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak karena t hitung > t tabel atau 2,03 > 0,2542. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih efektif dalam meningkatan hasil belajar matematika peserta didikpada kelasVII SMPN 2 Bajeng Barat dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions).