Manajemen Model Asuhan Keperawatan Profesional (MAKP) TIM dalam Peningkatan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit

Main Author: Hidayah, Nur
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar , 2014
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1456/1/Abstrak%20Manajemen%20Model%20Asuhan%20Keoperawatan%20Profesional.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1456/
http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/kesehatan/article/view/60
Daftar Isi:
  • Pelayanan kesehatan menjadi fokus tuntutan masyarakat pada umumnya, baik pemerintah maupun swasta. Oleh karena itu, mutu pelayanan kesehatan menjadi alasan pertama bagi pasien dan keluarga dalam memilih rumah sakit. Salah satu upaya dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan yakni dengan peningkatan kualitas pelayanan keperawatan dengan memberikan rasa tanggung jawab yang lebih tinggi pada perawat sehingga terjadi peningkatan kinerja kerja dan kepuasan pasien. Pelayanan keperawatan ini diaplikasikan melalui penerapan model asuhan keperawatan profesional atau MAKP karena kepuasan pasien ditentukan salah satunya dengan pelayanan keperawatan yang optimal. Manajemen Model Asuhan Keperawatan Profesional (MAKP) merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit. Hasil analisis menunjukkan bahwa Model Asuhan Keperawatan Profesional (MAKP) berbanding lurus dengan peningkatan mutu pelayanan kesehatan serta kepuasan pasien di Rumah Sakit.