Penerapan Metode Whole Brain Teaching terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri 3 Pinrang
Main Author: | Nurhandayani, Nurhandayani |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14552/1/NURHANDAYANI%2020600115007.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14552/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar Fisika peserta didik yang menerapkan metode Whole Brain Teaching pada peserta didik kelas X MIA 4 SMAN 3 Pinrang diperoleh nilai rata-rata 62,91 yang memiliki kategori hasil belajar sedang, 2) Hasil belajar Fisika peserta didik yang menerapkan metode Konvensional pada peserta didik kelas X MIA 2 SMAN 3 Pinrang diperoleh nilai rata-rata 51,45 yang memiliki kategori hasil belajar rendah, 3) Terdapat perbedaan hasil belajar Fisika peserta didik yang menerapkan metode Whole Brain Teaching dan yang menerapkan metode Konvesional pada peserta didik kelas X MIA 4 yang merupakan kelas eksperimen diperoleh hasil belajar dengan nilai rata-rata 62,91 yang memiliki kategori hasil belajar sedang sedangkan pada kelas X MIA 2 yang merupakan kelas kontrol diperoleh hasil belajar dengan nilai rata-rata 51,45 yang memiliki kategori hasil belajar rendah. Adapun tingkat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode Whole Brain Teaching dan metode Konvensional yaitu 11,46%.