Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) Berbasis Metode Konflik Kognitif untuk Menningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas X MIPA 4 SMAN 4 Maros

Main Author: Fitriani, Fitriani
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14515/1/FITRIANI-20600115063.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14515/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep peserta didik sebelum diajar dengan menggunakan model siklus belajar berbasis metode konflik kognitif sebesar 57.54 sedangkan rata-rata nilai pemahaman konsep peserta didik setelah diajar dengan menggunakan model siklus belajar berbasis metode konflik kognitif sebesar 73.54. selanjutnya, berdasarkan hasil analisis statistik menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik sebelum diterapkan dan setelah diterapkan model siklus belajar berbasis metode konflik kognitif., t hitung yang diperoleh sebesar 6.72 dan t tabel yang diperoleh sebesar 1.71