Peran Komunikasi Pimpinan Terhadap Karyawan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Nasabah PT. Bank Sulselbar Cabang Pinrang
Main Author: | Putri, Ihda Rupaida Ibrahim |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14492/1/Ihda%20Rupaida%20Ibrahim%20Putri_50400115046.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14492/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran komunikasi pimpinan terhadap karyawan dalam meningkatkan kualitas pelayanan nasabah pada PT. Bank Sulselbar Cabang Pinrang, selaku pimpinan yang bertanggung jawab atas organisasi yang dipimpinnya melakukan peran yaitu peran sebagai perencana dalam merencanakan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dan pengorganisasian terhadap pembagian dan tugas karyawan sesuai dengan sumber daya dan kemampuannya. Peran sebagai motivator yang berusaha memotivasi karyawan baik dalam suasana formal ataupun nonformal dengan motivasi semangat kerja yang tinggi melalui komunikasi rutin dan secara tatap muka. Peran sebagai komunikator yang menyampaikan dan menyebarkan informasi terbaru mengenai sistem terbaru yang ada kepada karyawan, dan peran pimpinan sebagai mediator yang mempunyai kemampuan untuk menjalin kerjasama dengan pihak luar terutama dengan pemerintah di Kabupaten Pinrang demi berjalannya program-program PT. Bank Sulselbar Cabang Pinrang. (2) Faktor pendukung komunikasi pimpinan di PT. Bank Sulselbar Cabang Pinrang dari segi penerimaan gaji yang tepat waktu, pemberian penghargaan dan kesempatan mengikuti pendidikan dan pelatihan untuk karyawan. Faktor penghambatnya adalah kurangnya waktu berkomunikasi secara rutin antara pimpinan dan karyawan, fasilitas yang kurang memadai, dan kurangnya pemberitahuan kepada nasabah megenai aturan dan sistem yang berlaku.