Penerapan Sistem Antrian pada Pelayanan Peserta pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Makassar

Main Author: Sakinah, Nur
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14485/1/Nursakinah_60600114055.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14485/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang merupakan salah satu program pemerintah dengan tujuan dapat menjamin agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan, tingkat kedatangan melebihi fasilitas pelayanan sehingga terjadi penumpukan antrian khususnya pada loket B perubahan data. Setiap peserta pasti mengharapkan suatu fasilitas pelayanan yang terbaik dengan tidak memerlukan waktu menunggu terlalu lama. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui berapa besar tingkat optimal kerja sistem antrian yang diterapkan pada antrian pelayanan BPJS kesehatan loket B dengan sistem antrian Multi Chanel Single Phase. System antrian ini digunakan karena memiliki lebih dari 2 fasilitas pelayanan yang dialiri oleh aliran tunggal. Maka, hasil penelitian menunjukkan tingkat optimal kinerja sistem antrian loket B perubahan data dengan sistem antrian Multi Chanel Single Phase Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Makassar dikatakanan optimal apabila nilai steady state terpenuhi dimana Senin 1 Oktober 2018 dalam keadaan steady state dengan nilai yang artinya kondisi steady state terpenuhi, Selasa 2 Oktober 2018, dan Rabu 3 Oktober 2018 sebesar 0,14 dimana kondisi state terpenuhi dengan syarat