Efektivitas Model Bertukar Pasangan dengan Pendekatan SETS (Sciense, Enviroment, Teknohlogy and Society) terhadap Hasil Belajar Fisika pada Materi Global Warming Peserta Didik Kelas VII (Tujuh) SMP Negeri 1 Galesong Utara

Main Author: Peronika, Siska
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14372/1/SISKA%20PERONIKA%20IBRAHIM%20%2820600115017%29_compressed.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14372/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata peserta didik yang diajar dengan model bertukar pasangan dengan pendekatan SETS sebesar 82,14 dan yang diajar dengan model konvesional sebesar 72,5 dimana frekuensi tertinggi yang diperoleh peserta didik pada kelas eksprimen berada pada kategori tinggi dan frekuensi tertinggi yang diperoleh peserta didik pada kelas kontrol berada pada kategori sedang. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa t hitung yang diperoleh sebesar 3,12 dan t tabel sebesar 2,07. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dilihat bahwa th> tt sehingga dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat perbedaan anatara hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran bertukar pasangan dengan pendekatan SETS dan peserta didik yang tidak diajar dengan menggunakan model pembelajaran dengan pendekatan SETS. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran bertukar pasangan dengan pendekatan SETS efektif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Galesong Utara. Society) efektif terhadap hasil belajar fisika peserta didik pada kelas VII SMP Negeri 1 Galesong Utara, 2) Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan dan rujukan untuk mencari model pembelajaran lain yang dapat meninggatkan hasil belajar fisika peserta didik.