Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN Gowa

Main Author: Risma, Risma
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14326/1/RISMA%2020700113097.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14326/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan penerapan model TAI efektif digunakan dalam proses pembelajaran siswa kela VII MTsN Gowa. Dengan rata-rata hasil belajar siswa sebelum penerapan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata adalah 32,9. Sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata adalah 34. Adapun hasil belajar setelah penerapan diperoleh nilai rata-rata adalah 75,1 Sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata adalah 82,3. Berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh thitung > ttabel (2,4 >1,70) maka dapat disimpulkan Ho ditolak,ini berarti bahwa terdapat perbedaan rata-rata tingkat hasil belajar matematika antara kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran (TAI) dengan kelas yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran (TAI), ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran (TAI) efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Gowa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas VII MTsN Gowa. Hasil belajar yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan.