Implementasi Metode Dirosa dalam Pembelajaran al-Qur’ān Dewan Pimpinan Daerah Wahdah Islamiyah Makassar

Main Author: Saddang, Muhammad
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14062/1/MUH%20SADDANG.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14062/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil ujian munaqasyah dari 67 peserta yang telah mengikuti pembelajaran al-Qur’ān dengan menggunakan metode Dirosa yang dilaksanakan sebanyak 20 kali sudah mampu membaca al-Qur’ān dengan baik dan lancar meski sebelum mengikuti metode Dirosa 34 peserta kategori buta huruf, 27 yang membaca al-Qur’ān dengan terbatabata, dan 6 orang kategori lancar tetapi masih ada kesalahan tajwid. Kendala-kendala yang menghambat adalah jadwal pertemuan Dirosa yang sulit ditentukan, kurangnya kedisiplinan peserta, kurangnya waktu dalam mengulangi pelajaran, kendala tempat, dan kendala internal DPD Wahdah Islamiyah Makassar. Adapun solusi dalam mengatasi kendala-kendala tersebut adalah musyawarah antar peserta, memberi motivasi dan semangat kepada peserta didik, komunikasi dengan pengurus masjid, dan melakukan sosialisasi dan perekrutan pengajar Dirosa.