Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Papan Berpasangan pada Materi Operasi Bilangan Bulat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 103 Kalimporo Kec. Kajang Kab. Bulukumba
Main Author: | Risman, Muhammad |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13928/1/Pengaruh%20Penggunaan%20Alat%20Peraga%20Papan%20Berpasangan%20pada%20Materi%20Operasi%20Bilangan%20Bulat%20Terhadap%20Hasil%20Belajar%20Matematika%20Siswa%20Kelas%20V%20SDN%20103%20Kalimporo%20Kec.%20Kajang%20Kab.%20Bulukumba.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13928/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata skor nilai hasil belajar siswa sebelum menggunakan alat peraga papan berpasangan (pretest) yaitu 35,47 dengan persentasi tingkat penguasaan materi yaitu 56,25% dari seluruh siswa yang mengikuti pretest sedangkan rata-rata skor nilai hasil belajar siswa setelah menggunakan alat peraga papan berpasangan (posttest) yaitu 61,5 dengan persentasi tingkat penguasaan materi yaitu 97% dari seluruh siswa yang mengikuti posttest. Sedangkan berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan uji-t diperoleh persamaan regresi Y = 30,99 + 0,86X. Dengan nilai uji-t diperoleh nilai t0 > t tabel yaitu 4,42 > 2,04, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga papan berpasangan pada materi operasi bilangan bulat terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 103 Kalimporo Kec. Kajang Kab. Bulukumba.