Analisis Upaya Guru PAI dalam Menerapkan Pendekatan Scientific Kurikulum 2013 di MAN 1 Buton Selatan
Main Author: | Sarlina, Sarlina |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13834/1/Analisis%20Upaya%20Guru%20PAI%20dalam%20Menerapkan%20Pendekatan%20Scientific%20Kurikulum%202013%20di%20MAN%201%20Buton%20Selatan.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13834/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian mengenai upaya guru PAI dalam menerapkan pendekatan scientifik kurikulum 2013 di MAN 1 Buton Selatan antara lain: (1) Guru mengaktifkan peserta didik dengan mencari tahu sendiri, (2) Guru PAI mengimplementasikan langkah-langkah pendekatan scientific 5 (M) dalam pembelajaran, (3) Guru melakukan pertemuan tentang kurikulum 2013, (4) dan Guru melakukan pelatihan dan tata kelola administrasi. Sedangkan Faktor-faktor Penghambat dan Pendukung dalam Menerapkan Pendekatan Scientific Kurikulum 2013 di MAN 1 Buton Selatan antara lain sebagai berikut: (1) Faktor penghambat dalam penerapan pendekatan scientific yaitu: Kurangnya pemberian motivasi dalam proses pembelajaran, kurangnya penguasaan guru terkait penilaian dalam kurikulum 2013, kurangnya sarana dan prasarana seperti media pembelajaran (2) Faktor pendukung dalam penerapan pendekatan scientific kurikulum 2013 yaitu: tersedianya buku-buku berdasarkan kurikulum 2013, Kreatifitas guru dalam mengajar.