Peran Pengelola Perpustakaan dalam Mendayagunakan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik di SDN 194 Bottompare Desa Marioriaja Kabupaten Soppeng
Main Author: | Saputra, Andika Dedi |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13794/1/ANDIKA%20DEDI%20SAPUTRA.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13794/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang Peran Pengelola Dalam MendayagunakanPerpustakaan Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik di SDN 194 BottompareDesa Marioriaja Kabupaten Soppeng. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pengelolaperpustakaan dalam mendayagunakan perpustakaan sebagai sumber belajarpeserta didikdan ketersediaan sarana pembelajaran peserta didik di perpustakaanSDN 194 Bottompare Desa Marioriaja Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Penelitiandeskriptif yaitu suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatuobyek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa padamasa sekarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodepenelitian kualitatif. Metode kualitatif adalah metode penelitian yangdimaksudkan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subjekpenelitian secara holistik dengan cara mendeskripsikan dalam format kata-katadan bahasa, pada suatu kontekskhusus yang dialamiah dan dengan memanfatkanberbagai metode alamiah. Pengelola perpustakaan sangat berperan dalam mendayagunakanperpustakaan sebagai sumber belajar peserta didik di perpustakaan SDN 194Bottompare, hal ini dapat dilihat dari peran pengelola perpustakan dalammendayagunakan perpustakaan yaitu: meningkatkan layanan, membimbingpeserta didik, pengelolaan koleksi, promosi perpustakaan, penataan koleksi,menyediakan sarana yang sesuai dengan kebutuhn pemustaka, kerjasama denganguru pengajar. Ketersediaan sarana pembelajaran peserta didik yaitu saranaberupa buku, peta, globe dan alat peraga lainnya yang dapat menunjang prosespembelajaran.