Perkembangan Pembelajaran Pendidikan Islam pada Madrasah Tsanawiyah Madani Alauddin Paopao sebagai Laboratory School Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

Main Author: Rosdiana, .
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13610/1/Rosdiana.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13610/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, gambaran perkembangan pembelajaran pendidikan Islam pada MTs Madani Alauddin Paopao sebagai laboratory school Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar yaitu; guru dalam proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan, strategi, metode, dan teknik-teknik dalam mengarahkan, memotivasi, dan membimbing peserta didik untuk berpartisipasi, aktif, dan kreatif belajar bersama dan melatih siswa untuk selalu mengamalkan ajaran Islam, menjalankan ibadah dan berbuat baik. kedua, Upaya yang ditempuh pengelola dalam mengembangkan pembelajaran pendidikan Islam pada MTs Madani Alauddin Paopao sebagai laboratory school Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar yaitu, untuk senantiasa mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan melalui proses pembelajaran yang berdasar pada standar nasional pendidikan, dan ketiga Tantangan pengembangan pembelajaran pendidikan Islam yaitu; pertama, semakin pesatnya perubahan dan perkembangan IT yang berdampak pada kecenderungan kehidupan hedonistik, materialistik, dan pramatis, dan semakin berkembangnya lembaga-lembaga Pendidikan Menengah dan sejenis baik di tingkat pusat maupun di daerah dan sekitar MTS Madani Alauddin Paopao