Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar

Main Author: Pandita, Andi
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1358/1/ANDI%20PANDITA%20pdf.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1358/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah Seberapa baik pelayanan di UPT Perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar, Seberapa besar tingkat kepuasan pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar, dan Apakah ada pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui seberapa baik kualitas pelayanan di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar, Seberapa besar tingkat kepuasanpemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar, dan Apakah adapengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian asosiatif atau hubungan (pengaruh) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar.Jumlah Populasi dalam penelitian ini adalah 4350 pemustaka dan sampel yang diambil sebanyak 50 pemustaka yang ditarik menggunakan teknik sampling insidental.Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Uji validitas, uji realibilitas, ujikorelasi, danuji regresi menggunakan program IBM SPSS v23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar tergolong dalam kategori baik dengan skor presentase sebesar 79,16%. Sementara kepuasan pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar tergolong dalam kategori besar dengansekor presentase sebesar 72,28%. Ada hubungan dan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar sebesar 0,615 termasuk dalam kategori kuat, hal ini ditunjukkan dengan angka koefisien determinasi sebesar 37% dan sisanya 63% ditentukan faktor lain.