Peran Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Parepare dalam Menerapkan Asas Sistem Peradilan Pidana Anak (Perspektif Fiqh dan Undang-Undang Perlindungan Anak)

Main Author: Maulina, Nita
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13541/1/Nita%20Maulina.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13541/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Tugas dan tanggung jawab LPKA Kelas II Parepare dalam menerapkan asas sistem peradilan pidana anak sudah sudah efektif terlihat dari asas sisitem peradilan pidana anak seperti halnya asas perlindungan, non diskriminasi, dan keadilan, kepentingan terbaik anak, penghargaan terhadap pendapat anak, kelangsungan hidup dan tumbuh kembang anak serta pembinaan dan pemingbingan anak, 2). Dalam perspektif Fiqh dikatakan oleh ulama Hanafiyah yang mendefinisikan hadhanah adalah usaha mendidik anak yang dilakukan oleh orang yang mempunyai hak mengasuhnya, 3). Tinjauan fiqh dan Undang-Undang perlindungan anak sudah sesuai dengan apa yang diinginkan dalam fiqh dan Undang-Undang perlindungan anak terlihat dari hadhanah dan perlindungan yang diberikan oleh petugas kepada narapidana anak