Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA GUPPI Buntu Barana Kabupaten Enrekang
Main Author: | Faharuddin, Risdah |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13526/1/Pengaruh%20Kecerdasan%20Emosional%20terhadap%20Minat%20Belajar%20Peserta%20Didik%20pada%20Mata%20Pelajaran%20Akidah%20Akhlak%20di%20MA%20Guppi%20Buntu%20Baranak%20Kabupaten%20Enrekang.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13526/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa persentase kecerdasan emosional peserta didik berada pada kategori sedang dengan jumlah 68.54%. Kemudian nilai rata-rata minat belajar peserta didik berada pada kategori sedang dengan jumlah 71.91%. Adapun hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji signifikan koefisien korelasi yang diperoleh dari tabel Model Summary, terlihat bahwa koefisien korelasi (r xy) = 0.658 dan F hitung (F change) = 66.443, dengan demikian, korelasi X dan Y adalah berarti atau signifikan. Sedangkan koefisien determinasi yaitu R square = 0.433, yang mengandung makna bahwa 43.3% minat belajar dipengaruhi oleh kecerdasan emosional. Artinya, kecerdasan emosional berkontribusi sebesar 43.3% terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA GUPPI Buntu Barana Kabupaten Enrekang dan sisanya sebesar 56.7% ditentukan oleh faktor lain.