Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA GUPPI Buntu Barana Kabupaten Enrekang

Main Author: Faharuddin, Risdah
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13526/1/Pengaruh%20Kecerdasan%20Emosional%20terhadap%20Minat%20Belajar%20Peserta%20Didik%20pada%20Mata%20Pelajaran%20Akidah%20Akhlak%20di%20MA%20Guppi%20Buntu%20Baranak%20Kabupaten%20Enrekang.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13526/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa persentase kecerdasan emosional peserta didik berada pada kategori sedang dengan jumlah 68.54%. Kemudian nilai rata-rata minat belajar peserta didik berada pada kategori sedang dengan jumlah 71.91%. Adapun hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji signifikan koefisien korelasi yang diperoleh dari tabel Model Summary, terlihat bahwa koefisien korelasi (r xy) = 0.658 dan F hitung (F change) = 66.443, dengan demikian, korelasi X dan Y adalah berarti atau signifikan. Sedangkan koefisien determinasi yaitu R square = 0.433, yang mengandung makna bahwa 43.3% minat belajar dipengaruhi oleh kecerdasan emosional. Artinya, kecerdasan emosional berkontribusi sebesar 43.3% terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA GUPPI Buntu Barana Kabupaten Enrekang dan sisanya sebesar 56.7% ditentukan oleh faktor lain.