Pengaruh Penerapan Pembelajaran Inquiry dan Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqhi di Madrasah Aliyah Guppi Samata Kabupaten Gowa

Main Author: Nurdalia, Nurdalia
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13347/1/nurdalia.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13347/
Daftar Isi:
  • Pertama Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqhi, kedua penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqhi, ketiga diperoleh hasil belajar pembelajaran inquiry lebih signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol pada variabel X Pretes IV di kelas kontrol nilai rata-ratanya 54,95, penerapan pembelajaran inquiry nilai rata-ratanya 60,35, post-test sebanyak 4 kali di kelas kontrol nilai rata-ratanya 62,7, penerapan pembelajaran inquiry memperoleh nilai rata-rata 79,00. Kemudian Penerapan metode demonstrasi lebih signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol pada Variabel X (1) pretes IV di kelas kontrol nilai rata-ratanya 52,55, metode demonstrasi nilai rata-ratanya 65,30. Uji Post-test sebanyak 4 kali di kelas kontrol nilai rata-ratanya 51,65, dan metode demonstrasi (2) nilai rata-ratanya 74,30, keempat diperoleh besarnya pengaruh penerapan pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar sebesar 71,8%, kelssima, besarnya pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar sebesar 78,1% dan keenam terdapat pengaruh secara bersama-sama antara penerapan pembelajaran inquiri dan metode demonstrasi terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqhi di Madrasah Aliyah Guppi Samata Kabupaten Gowa besarnya pengaruh secara simultan variabel X 1 dan X terhadap variabel Y sebesar 78,8%.