Pengaruh Penggunaan Metode Sosiodrama Terhadap Keterampilan Berbicara dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V MIN 6 Bima Kecamatan Bolo Kabupaten Bima

Main Author: Qarimah, Wasilatun Nur
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13345/1/Pengaruh%20Penggunaan%20Metode%20Sosiodrama%20terhadap%20Keterampilan%20Berbicara%20dalam%20Mata%20Pelajaran%20Bahasa%20Indonesia%20Peserta%20Didik%20Kelas%20V%20MIN%206%20Bima%20kecamatan%20Bolo%20Kabupaten%20Bima.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13345/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai keterampilan berbicara peserta didik pada kelompok eksperimen sebesar 54.478, dan rata-rata pada kelompok kontrol yaitu 52.227. Selanjutnya rata-rata nilai postes pada kelompok eksperimen sebesar 81.435 dan nilai rata-rata pada kelompok kontrol sebesar 74.545. Selain itu, hasil analisis inferesial data diperoleh nilai t hitung sebesar 2.965 dengan taraf signifikan 5% diperoleh t tabel sebesar 2.017. dalam hal ini berlaku ketentuan bahwa t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari keterampilan berbicara peserta didik sebelum dan setelah menggunakan metode sosiodrama kelas V MIN 6 Bima Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Jika terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara peserta didik hal ini berarti adanya pengaruh dari perlakuan yang diberikan pada kelompok eksperimen berupa metode sosiodrama terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas V MIN 6 Bima.