Penerapan Model Pembelajaran Kolaborasi dan Elaborasi dan Pengaruhnya terhadap Sikap Belajar Bahasa Arab Mahasiswa (Studi Eksprimen pada Program Studi Tadris Bahasa Inggris Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare)

Main Author: Herdah, Herdah
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13143/1/Pembelajaran%20kolaborasi%20dan%20elaborasi.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13143/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap belajar bahasa Arab mahasiswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kolaborasi dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional, Berdasarkan output SPSS dapat dilihat bahwa nilai Sig. (2-tailed) pada baris “equal variances assumed” = 0.002 lebih kecil dari α = 0.05 maka dengan ini H 0 ditolak dan H diterima (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap belajar bahasa Arab mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran elaborasi dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan output SPSS dapat dilihat bahwa nilai Sig. (2-tailed) pada baris “equal variances assumed” = 0.005 lebih kecil dari α = 0.05 maka dengan ini H 0 ditolak dan H a diterima (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kolaborasi dengan sikap belajar bahasa Arab mahasiswa, Berdasarkan output SPSS dapat dilihat bahwa nilai Sig. (2-tailed) = 0.003 lebih kecil dari α = 0.05 maka dengan ini H ditolak dan H a a diterima. dan (4) terdapat hubungan yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran elaborasi dengan sikap belajar bahasa Arab mahasiswa. Berdasarkan output SPSS dapat dilihat bahwa nilai Sig. (2-tailed) = 0.008 lebih kecil dari α = 0.05 maka dengan ini H ditolak dan H a diterima