“Pengembangan Bahan Ajar Biologi pada Pokok Bahasan Sistem Ekskresi dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Siswa Kelas XI MAN 3 Makassar”
Main Author: | trisahid, tazkiyatun nafsi |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1308/1/Tazkiyatun%20Nafsi%20Trisahid.PDF http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1308/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil pengamatan, hasil uji coba kevalidan modul yang dikembangkan untuk materi dan desain berada pada kategori valid dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian 3,4 dan 3,2. Tahapan selanjutnya yakni uji coba perseorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar (lapangan). Hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata 79,2%. Jumlah siswa yang tuntas dalam proses pembelajaran adalah 16 orang atau sekitar 76% dan yang tidak tuntas sebanyak 5 orang atau sekitar 24%. Hal ini menandakan modul biologi pokok bahasan sistem ekskresi yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Respon siswa lebih dari 50% memberikan respon positif terhadap modul yang dikembangkan serta berminat untuk mengikuti pembelajaran dengan pendekatan CTL