Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI Kelas IV SD 186 Tappale Kecamatan Libureng Kabupaten Bone

Main Author: Sari, Irna
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12913/1/Pengaruh%20Penggunaan%20Media%20Pembelajaran%20Berbasis%20Visual%20Berbentuk%20Permainan%20Ular%20Tangga%20terhadap%20Motivasi%20Belajar%20Peserta%20Didik%20pada%20Mata%20Pelajaran%20PAI%20Kelas%20SD%20186%20Tappale%20Kec.%20Libureng%20Kab.%20Bone.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12913/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan ular tangga berada pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 86,6%. (2) Hasil motivasi belajar sebelum perlakuan (pretest) diperoleh nilai maksimum 61 dan nilai minimum 38 dengan kategori kurang baik, adapun hasil motivasi belajar setelah perlakuan (post-test) diperoleh nilai maksimum 73 dan nilai minimum 54 dengan kategori sangat baik,(3)Hasil analisis inferensial data uji hipotesis diperoleh nilai t hitung = 10,878 dan nilai t tabel = 2,145. Dengan demikian nilai nilai t hitung > t tabel (10,878> 2,145), hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak, berarti terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan ular tangga yang signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas IV SD 186 Tappale Kecamatan Libureng Kabupaten Bone sebesar 37,04%.